INDIKATOR
KOMPETENSI
INDIKATOR KOMPETENSI
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembelajaran)
(Pembelajaran)
1. Mengenal
karakteristik anak didik
2. Menguasai teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3. Pengembangan
kurikulum
4. Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
5. Memahami dan
mengembangkan potensi
6. Komunikasi dengan
peserta didik
7. Penilaian dan
evaluasi
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
8. Bertindak sesuai
dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia
9. Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa
bangga menjadi guru
KOMPETENSI SOSIAL
(Pembelajaran)
(Pembelajaran)
11. Bersikap inklusif, bertindak obyektif,
serta tidak diskriminatif
12. Komunikasi dengan
sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
KOMPETENSI PROFESIONAL
(Pembelajaran)
(Pembelajaran)
13.Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu
14.Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
KOMPETENSI PEDAGOGI
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
1. Menguasai teori
dan praksis pendidikan
2. Mengaplikasikan
perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku konseli
3. Menguasai esensi
pelayanan BK dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikaan
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
4. Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME
5. Menghargai dan
menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian, individualitas dan kebebasan memilih
6. Menunjukkan
integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
7. Menampilkan
kenerja berkualitas tinggi
KOMPETENSI PROFESIONAL
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
8. Mengimplimentasikan
kolaborasi internal di tempat bekerja
9. Berperan dalam
organisasi dan kegiatan profesi BK
10.Mengimplimentasi
kolaborasi antar profesi
KOMPETENSI SOSIAL
(Pembimbingan)
(Pembimbingan)
11. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk
memahami kondisi, kebutuhan dan masalah konseli
12. Menguasai kerangka teoritik dan praksis BK
13. Merancang program BK
14. Mengimplementasikan program BK yang
komprehensif
15. Menilai prses dan
hasil kegiatan bimbingan dan konseling
16. Memiliki
kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional
17. Menguasai konsep
dan praksis penelitian dalam BK
0 komentar:
Posting Komentar